Bimbingan Konseling Islam

Posted on Updated on

Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) merupakan salahsatu jurusan yang berada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Jurusan ini berdiri pada tahun 1993. Berdasarkan surat Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 393 tahun 1993. Saat ini BKI sudah berumur kurang lebih 21 tahun.

Bimbingan Konseling Islam di UIN Bandung ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan Bimbingan dan Konseling yang berkembang di Indonesia. Jurusan BKI di UIN Bandung ini dikembangkan dengan ciri khas yang lebih mengarah kepada Counseling for All (Konseling untuk masyarakat luas) dalam bingkai Ilmu Dakwah dengan basis konseling agama islam. Sehingga Konseling Pendidikan dan Konseling Psikologi merupakan bagian integral dari wilayah kajian BKI sesuai dengan rumpun Ilmu Dakwah yang menjadi induknya.

Tujuan dari Jurusan BKI ini yaitu siap mencetak tenaga-tenaga professional sebagai Pembimbing, Penyuluh, Konselor, dan Terapist agama/spiritual yang banyak dibutuhkan dalam berbagai sektor, sesuai dengan trend perkembangan saat ini yang butuh sisi spiritual dalam berbagai aspek kehidupan. Karena itu keahlian Jurusan BKI, diorientasikan kepada: Keahlian teoritik dan Keahlian Praktik di bidang bimbingan, penyuluhan, konseling, dan psikoterapi Islam.

Tinggalkan komentar